Berbagi Inspirasi di Seminar Adventure Awaits

1452308591805

Pada tanggal 19 Desember 2015 lalu bertempat di Gedung Dinpora Provinsi Jawa Tengah Lt.4 , Jl. Ki Mangunsarkoro no. 12 Semarang, Pemuda Gemilang telah sukses mengadakan Seminar dan Talkshow berjudul Adventure Awaits. Acara yang diinisiasi untuk membuka pola pikir pemuda melalui inspirasi pemuda berprestasi, menambah wawasan dan pengetahuan pemuda serta membentuk komunitas anak muda yang positif yang saling menginspirasi ditujukan bagi siswa sekolah menengah atas.

Acara yang juga berkerjasama dengan PCMI (Purna Caraka Muda Indonesia ) Jawa Tengah, Radio IBC FM dan Starbucks Semarang tersebut berhasil meningkatkan animo peserta yang hadir lebih dari 100 orang. Pembicara pertama bernama Claudia Syarifah yang merupakan mahasiswi Universitas Diponegoro membawakan materi seminar tentang bagaimana generasi muda khususnya siswa/i SMA dapat mengoptimalkan pengunaan bahasa asing terutama Bahasa Inggris. Ia menambahkan melalui bahasa asing, ia berkesempatan berbicara di depan publik pada saat memenangkan lomba tulis essay yang diadakan oleh Lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa dan kesempatan menyampaikan aspirasinya pada forum bergengsi tersebut.

Pembicara lain yang juga mampu memberikan berbagai pandangan baru mengenai pendidikan dan anak muda adalah bu Septi Peni Wulandani. Beliau adalah praktisi pendidikan dan juga aktivis sosial. Selain itu, ibu tiga anak ini juga aktif di Komunitas ‘Ibu Profesional’ dan pada seminar tersebut juga mengajak dua dari tiga anak beliau yang bernama Ara dan Elan. Ara Kusuma anak kedua yang sedang giat memberdayakan masyarakat melalui proyek pengembangan desa Moo’s Camp dengan konsep socioentrepreneurship yang juga penerima Young Changemaker Ashoka Foundation 2008 dan juga Elan JM sebagai penggagas SOBIKE (School on Bamboo Bike) yang juga diundandang sebagai pembicara termuda dalam International Conference Design Sustainaibilty di Jepang pada usia 12 tahun.

Acara ini juga menghadirkan 5 sosok inspirasi lainnya pada sesi Connection Time berupa focus group discussion antara pembicara dan peserta seminar yang dibagi dalam kelas Youth Movement oleh Yogi Fajri (Penggiat Komunitas Sejarah Lopen Semarang), kelas Public Speaking oleh Dana Paramita ( TV Anchor Kompas TV Jawa Tengah), kelas Environment oleh Fransiska Nugraheni (HILO Green Community Semarang), kelas Exchange Program oleh Dini Hapsari ( Mahasiswi Program Pertukaran Pelajar) dan kelas Broadcasting oleh Indra Prasetya (Penyiar Radio IBC Semarang). Disamping itu, pihak Starbucks Semarang juga memberikan sharing mengenai coffee tasting dan work opportunity yang disambut sangat antusias.

1452308596577

Leave a comment