Ani dan Fitria, Kartini Muda yang Berprestasi

Kabar menggembirakan datang dari dua orang adik asuh Pemuda Gemilang. Mereka adalah Ani dan Fitria, Siswi SMA Negeri 9 Semarang yang berpartisipasi dalam acara UNNES Kartini Returns ke-9 pada 25-26 April 2015. Dalam acara tahunan yang diselenggarakan oleh UKM Pramuka Racana Wijaya Universitas Negeri Semarang ini, Ani berhasil menyabet juara dua lomba “Kartini The Explorer” sedangkan Fitria pulang membawa juara satu dalam lomba “Who Wants to be The Next Kartini”.

Kartini The Explorer sendiri merupakan kompetisi yang banyak mengandalkan fisik dan ketrampilan dalam menjelajah medan yang telah disiapkan panitia. Dalam menjelajah medan, para peserta akan menjumpai pos-pos dimana masing-masing pos mewajibkan peserta untuk menyelesaikan tantangan demi tantangan seperti menaksir tunggi sebuah objek, menerjemahkan sandi, dan lain sebagainya. Berbeda dengan Kartini the Explorer, lomba Who Wants To Be The Next Kartini menitikberatkan pada ajang unjuk kecerdasan intelektual. Mirip seperti Lomba Cerdas Cermat yang biasa kita saksikan, Who Wants To Be The Next Kartini dikemas dengan memiliki tiga babak. Pertama adalah babak penyisihan dimana masing-masing peserta ditantang untuk menjawab soal-soal Ilmu Pengetahuan Umum dan Kepramukaan. Selanjutnya adalah Semi Final dimana masing-masing peserta ditantang untuk lomba merias dan dirias, serta Babak ketiga adalah Lomba Cerdas Cermat.

Soal strategi memenangkan lomba, Ani dan Fitria memiliki strategi masing-masing. Bagi Ani, Memenangi Kartini The Explorer kuncinya ada pada teamwork dan time management, karena selain membutuhkan kerja tim yang solid, dia diharuskan menyelesaikan tantangan secepat mungkin untuk mendapatkan nilai maksimal. “Kuncinya strategi sama ngatur waktunya, biar bisa selesai cepet”, ungkap Ani. Lain halnya dengan Fitria, dia tidak menyangka bisa memengkan lomba ini karena ketrampilah merias sama sekali tidak familiar baginya. “Padahal baru belajar merias itu H-1 sebelum lomba, itu aja diajarin guru” katanya. “Yang penting percaya diri dan belajar dari pengalam sebelumnya” Tambah Fitria.

Bagi gadis yang memiliki nama lengkap Ani Nur Khabibah dan Fitria Kusuma Astuti ini, memenangi lomba merupakan kebanggaan tersendiri. Selain dapat mengharumkan nama almamater, mereka juga dapat menantang diri untuk menjadi lebih baik. Bangsa Indonesia perlu optimis memiliki Kartini Muda seperti mereka, Selamat ! Teruslah Berprestasi !

IMG_20150503_120314 IMG_20150503_120251

Foto Fitria Kusuma Astuti (kiri) dan Ani Nur Khabibah (kanan)

Leave a comment