Inspirasi dari Kelas “Project Management”

20140126_113937

Pertemuan kelas November bagi para scholar Pemuda Gemilang kali ini menjadi hal istimewa dengan hadirnya 2 komunitas di Semarang yang berbagi hal-hal yang mereka lakukan dalam menjalankan projectnya dalam tema “Project Management”.

Greakan Relawan Internasional (GREAT) dan 1000 Guru membawakan sesi masing masing selama 1 jam dengan metode yang sangat menarik, karena bukan hanya seperi sebuah kelas satu arah, namun melibatkan para scholar dalam aktivitas workshop.

Didalam pertemuan ini scholar belajar mengenai langkah langkah yang dilakukan dalam menjalankan sebuah project. Mereka membagi menjadi 3 bagian utama: Pre, During and Post. Mereka memasukkan berbagai kegiatan yang dilakukan kedalam 3 timeframe utama tersebut, tentunya sesi diskusi, sanggahan, mengemukakan pendapat sampai mengeluarkan opini untuk meyakinkan peserta yang lain terjadi disini. Inilah saat mereka juga belajar bagaimana mengontrol emosi dan memilik berbagai argumen positif untuk meyakinkan.

Pada sesi penutup, tim program membagi scholar kedalam 3 tim dimana mereka harus membuat rancangan project yang mencakup 5W 1H dan menjelaskannya kepada 4 panelis. Sesi berlangsung begitu menarik, semua berbicara, semua berimaginatif dan semua memberikan masukan yang positif.

Pemenang untuk prsentasi project terbaik adalah tim yang mengankat tema mengenai kegiatan penghijauan desa dengan input bahwa harus memperhatikan proses pertumbuhan tanaman setelah proses penanaman berlangsung.

Leave a comment